Pintu Aluminium yang Rusak

Bagaimana Mengatasi Pintu Aluminium yang Rusak?

Pintu merupakan salah satu bagian dari komponen bangunan. Jika dulu pintu hanya terbuat dari kayu, kini bahan dasar pintu sudah beraneka ragam dan salah satu yang tengah popular adalah yang berbahan dasar aluminium. Jenis yang satu ini biasanya digunakan sebagai pintu interior, sliding door dan juga rolling door.

Pintu ini adalah pintu yang berbahan dasar aluminium. Pintu ini popular karena harga pintu jenis ini lebih murah jika kita bandingkan dengan pintu kayu yang mahal. Namun, bahan dasar aluminium yang digunakan untuk pintu juga beraneka ragam dengan berbagai tingkat kualitas yang berbeda.

Kelebihan Pintu Aluminium

Kelebihan Pintu Aluminium

Tentu, ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pintu berbahan dasar aluminium sehingga membuatnya menjadi popular, diantaranya:

1. Harga lebih ekonomis.

Jika dibandingkan dengan harga pintu yang berbahan dasar kayu, harga pintu aluminium jauh lebih murah sehingga lebih ekonomis. Namun, pastikan mengetahui jenis dan kualitas aluminium yang digunakan, jangan hanya tergiur harga yang murah.

2. Ringan tapi kuat.

Karena berbahan dasar aluminum, maka bobotnya pun jauh lebih ringan dibanding pintu berbahan dasar kayu. Tak hanya ringan, pintu ini juga memiliki daya taha yang baik alias kuat jika benar dalam memilih kualitasnya. Nah, karena bobotnya yang ringan, tentu memudahkan para pekerja saat memasangnya.

3. Memiliki nilai estetika yang tinggi.

Berbahan dasar aluminium membuatnya mudah dipadu padankan dengan bahan yang lain sheinggga menciptakan estetika yang tinggi. Dewasa ini, pintu ini sering dipadukan dengan kaca sehingga membuat tampilannya menjadi jauh lebih menarik.

4. Memiliki daya tahan yang baik.

Pintu dengan bahan dasar ini terbukti memiliki daya tahan yang baik terlebih untuk daerah tropis seperti Indonesia. Tak seperti kayu yang mudah lapuk saat musim hujan datang atau karena suhu yang terllau lembab.

Hal yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Pintu Aluminium

Sama seperti bahan material lainnya, pintu jenis tentu bisa rusak. Ada pun hal-hal yang menjadi pemicu kerusakannya antara lain:

1. Kualitas aluminium yang buruk

Seringkali karena tergiur dengan harga yang murah, membuat konsumen tidak mengecek lebih jauh kualitasnya. Padahal ini sangat mempengaruhi ketahanan dan memicu kerusakan di kemudian hari jika kualitasnya jelek.

2. Instalasi yang kurang rapi

Pemasangan yang terburu-buru atau kurang teliti membuatnya menjadi tak rapi sehingga menimbulkan masalah di kemudian hari seperti kebocoran, Karenanya penting untuk memastikan pemasangannya dengan benar.

Cara Mengatasi Kerusakannya

Jika mengalami kerusakan, jangan langsung panik. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya kok, yaitu:

  1. Jika mulai berkarat, lakukan pembersihan. Jangan tunggu karat menjadi banyak baru dibersihkan karena ini akan memicu masalah yang lebih serius seperti kerapuhan.
  2. Jika pintu mulai susah untuk digerakkan atau dibuka, cek kembali skrup dari pintu. Kalau ternyata benar skrupnya longgar segeralah untuk mengencangkannya.
  3. Lakukan pembersihan pintu minimal satu bulan sekali dengan finishing powder cooting agar daya tahannya tetap terjaga dan awet. Hindari bahan pembersih yang bersifat korosif.
  4. Jika bagian kunci pintu mulai bermasalah, periksalah bagian relnya. Semprotkan minyak pelumas yang sesuai misalnya dengan pelumas pasta atau pelumas cair lainnya pada bagian kunci pintu tersebut agar kembali berfungsi seperti sedia kala. Jangan ragu untuk bertanya pada penjual saat membeli pelumas agar tidak salah beli.

Setelah mengetahui kelebihan dan bagaimana cara untuk mengatasi kerusakan pada pintu aluminium, maka sudah siap untuk membelinya? Ingat, meskipun lebih murah dibanding kayu namun jangan langsung tergiur untuk membelinya. Pastikan kamu memilih kualitas yang baik agar pintu bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *