Dua Warna Kontras

Ciri Khas Desain Interior Futuristik Berkesan Modern dan Elegan

Gaya desain futuristik mengusung nilai-nilai inovatif, dinamis, dan estetis.  Berdasarkan makna katanya, futursitik, yang berarti berorientasi masa depan.  Gaya ini identik dengan penerapan teknologi canggih yang tidak terikat dengan bentuk-bentuk tertentu.

Biasanya bentuk yang diterapkan adalah geometris, asimetris, dan modular.  Furnitur yang digunakan bersifat minimalis ergonomis.  Penerapan material dengan tekstur licin seperti karpet tile ditujukan agar kesan elegan semakin menonjol.  Agar tidak salah pilih, kamu bisa meminta rekomendasi dari toko material yang terbiasa jual karpet tile.

Ciri Khas Gaya Desain Futuristik

Satu kesan yang pasti muncul dari desain futuristik adalah progresif dan canggih.  Seperti apa perwujudannya dalam desain interior?  Yuk simak ulasannya.

1. Dominansi Lengkungan

Meski bentuk geometris terlihat pada desain futurisik, namun lengkungan lebih mendominasi.  Penggunaan bentuk lengkup lebih disukai sebab menimbulkan kesan tiada batas dan fleksible.

2. Dua Warna Kontras

Warna netral dan mencolok biasa digunakan dalam desain futuristik.  Seperti misalnya warna putih dipadukan dengan warna kuning terang.  Kesan kontras sengaja ditampilkan agar menguatkan sifat modern.  Perpaduan warna bisa kamu wujudkan melalui penggunaan karpet tile yang memiliki warna kontras dengan dinding.  Lantai dan dinding adalah dua bidang penyusun ruang yang luas sehingga kontras dari keduanya akan lebih tampak.  Toko yang jual karpet tile akan memberikan pilihan warna sesuai dengan kebutuhanmu.

Dua Warna Kontras

3. Lampu LED

Jika jenis desain lain banyak mengoptimalkan pencahayaan alami, desain futuristik sebaliknya. Desain ini identik dengan penggunaan lampu LED di bagian-bagian tersembunyi.  Penempatan lampu biasanya ada di pinggir-pinggir furnitur atau di belakang dinding, sehingga cahaya memancar memenuhi ruang.

4. Furnitur Movable yang Multifungsi

Gaya desain futuristik mengusung karakter simpel dan fleksibel.  Karakter ini ditampilkan dalam pilihan desain furnitur yang multifungsi dan movable, gampang dipindahkan.  Jenis furnitur ini memiliki harga yang cukup mahal dibanding harga rata-rata. Inilah mengapa penerapan gaya desain futuristik memerlukan biaya yang lebih mahal.  Tak salah karena memang kesan yang ditampilkan pun berkelas.

Furnitur Movable yang Multifungsi

5. Meski Simpel, Tetap Estetis

Kesan estetis ditampilkan melalui artwork berupa lukisan bergaya surealis atau abstrak.  Elemen lain yang bisa menyumbang kesan estetis adalah motif pada bantal sofa, vas bunga, dan lampu.  Pola yang muncul dalam  desain futuristik memiliki pola yang sama dengan desain retro.

6. Kesan Elegan dan Berkelas

Kesan ini dihadirkan melalui penggunaan material yang licin dan mengkilap.  Jenis material ini dapat merefleksikan cahaya dengan atmosfer yang khas.  Material yang kerap digunakan adalah marmer, kaca, batu granit, dan stainless steel.

Untuk lantai, kamu bisa gunakan karpet tile yang tersedia di toko-toko yang jual karpet tile murah.  Jenis karpet ini memiliki banyak manfaat seperti mudah diganti dan dibersihkan, mudah dipasang, variasinya beragam, sampah yang dihasilkan lebih sedikit, dan lebih ramah di kantong.  Lumayan kan, setidaknya bisa mengurangi biaya penerapan desain yang cukup mahal.

7. Teknologi Hi-Tech

Sesuai dengan namanya yang identik dengan kemajuan teknologi, dalam desain interior futuristik kamu harus bisa menampilkan kesan sistem teknologi modern.  Bisa melalui sistem pencahayan ataupun alat-alat elektronik yang lain.

Teknologi Hi-Tech

Kelebihan dan Kekurangan Desain Futuristik

Suatu desain pasti memiliki nilai plus dan minus yang akan menjadi bahan pertimbangan pengguna.  Kelebihan dari gaya desain futuristik adalah desain ini menampilkan kesan megah, mewah, unik, dan berkelas.  Sehingga ruangan atau gedung dengan gaya futuristik lebih bernilai komersil, mampu menjadi objek daya tarik publik.  Tak heran jika banyak hoten maupun guest house yang menggunakan gaya ini.

Kekurangan desain futuristik adalah biaya penerapan yang cukup mahal, perawatan yang sulit, memerlukan proses perwujudan yang lebih lama.  Untuk mengatasi ketiga hal tersebut, kamu bisa menggunakan karpet tile sebagai material lantai.  Banyak toko yang jual karpet tile murah dengan desain berkelas.  Proses pemasangan dan perawatan jenis karpet ini juga cukup mudah karena karpet tile berukuran cukup kecil yakni 50-60 cm2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *