Hal-hal Sentral Dalam Pemasangan Sistem Tampilan Informasi Penerbangan di Bandara

Sistem tampilan inforamsi penerbangan di bandara adalah suatu hal yang sentral. Untuk itu ketika pengaplikasian atau pun pemasangannya juga harus memperhatikan beragam faktor guna membuatnya dapat berfungsi secara maksimal.

Ada beberapa hal yang sebenarnya dapat menjadi acuan ketika melakukan instalasi. Lebih lengkapnya akan diulas di bawah ini. Namun, sebelum itu sebaiknya menyimak dahulu penjelasan mengenai apa itu sistem tampilan informasi penerbangan di bandara di sini.

Apa Itu Sistem Tampilan Informasi Penerbangan di Bandara?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai apa itu sistem tampilan informasi penerbangan di bandara. Padahal sebenarnya hal ini seringkali ditemui ketika kita datang ke bandara. Jadi yang dimaksud sistem tampilan infromasi penerbangan adalah papan yang berisi tentang informasi jadwal penerbangan dari masing-masing maskapai yang biasa ada di bandara.

Biasanya selain berupa papan ia juga berupa layar televisi yang menampilkan sejumlah informasi penerbangan. Biasanya papan informasi ini lebih dikenal dengan Flight Information Display System atau FIDS.

Tak hanya jadwal keberangkatan saja yang ditampilkan di sini, namun juga jadwal kedatangan akan dapat dilihat di layar ini. Sebenarnya selain ditampilkan langsung pada televisi di bandara, informasi tentang penerbangan ini dapat diakses juga melalui website.

Kehadiran papan informasi ini tidak hanya berguna untuk calon penumpang, namun juga untuk para pihak yang ingin menjemput penumpang. Pada bandara yang besar biasanya ada macam-macam FIDS yang umumnya dikelompokkan menurut terminal maupun jenis maskapai.

Ada beberapa komponen yang ada di sistem informasi penerbangan ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Nama maskapai.
  • Kota asal maupun tujuan dari pesawat.
  • Waktu kedatangan maupun keberangkatan pesawat.
  • Informasi nomor gerbang.

Hal-hal Sentral Apa Saja yang Harus Diperhatikan Dalam Pemasangannya?

Melihat peran sentral dari FIDS ini tak heran jika kemudian pemasangan FIDS ini juga harus diperhatikan dengan baik termasuk menggunakan jasa instalasi listrik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pemasangan FIDS berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Lokasi Pemasangan

Pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi pemasangan. Setiap lokasi pemasangan tentu membutuhkan tantangan tersendiri. Ada yang bandara yang memutuskan memasang informasi penerbangan di bagian tengah bandara dengan menggunakan layar. Namun, ada juga yang seolah-olah menempel pada dinding bandara.

Untuk itu di sini diperlukan pihak yang memahami dengan benar kondisi mekanikal elektrikal dalam bandara. Hal ini guna memastikan papan informasi tersebut dapat berfungsi dengan baik dan tetap terjaga kondisinya.

2. Kondisi Tempat Pemasangan

Setiap tempat pemasangan memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada lokasi pemasangan yang dinilai rentan membuat papan informasi elektronik ini menjadi cepat panas, namun ada juga yang dinilai terlalu riskan ketika dipasang di daerah tersebut.

Untuk itu kondisi tempat pemasangan harus diperhatikan dengan baik. Hal ini guna memastikan papan informasi tidak cepat rusak. Selain itu pihak yang melakukan instalasi dapat melakukan penyesuaian dengan kondisi ruangan. Seperti untuk mengatasi ruangan yang panas agar papan informasi tidak mengalami over heat diperlukan kontraktor HVAC untuk menjaga kondisi ruangan dan berbagai penyesuaian lainnya.

3. Spesifikasi Perangkat yang Akan Dipasang

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah spesifikasi perangkat yang akan dipasang. Setiap perangkat yang dipasang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Jadi pihak yang melakukan instalasi harus memahami jenis perangkat yang dipasang.

Jangan sampai papan informasi justru mengalami kerusakan karena kesalahan penanganan perangkat yang dipasang. Perhatikan jenis perangkat dan sesuaikan dengan kondisi dan lokasi pemasangan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memasang FIDS. Ada banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari kondisi mekanikal elektrikal bandara sampai dengan spesifikasi perangkat yang akan di pasang nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *