Mengenal Jenis dan Manfaat Kaca Untuk Partisi Kantor

Memberi sekat untuk ruangan kantor sudah menjadi hal yang biasa karena selain sebagai pembatas ruangan, sekat juga memiliki banyak fungsi yang bermanfaat. Perkembangan desain partisi yang pesat bahkan bisa dibongkar pasang dengan mudah dan cepat. membuat kantor bisa melakukan pengaturan ulang dengan mudah dan cepat juga, kapan saja dibutuhkan.

 

Manfaat Kaca Untuk Partisi Kantor

Partisi sendiri jenisnya ada bermacam-macam, mulai dari partisi kaca, partisi bilik, partisi kantor portabel, dan partisi akordion. Namun kini jenis yang paling banyak dipilih untuk partisi kantor adalah partisi kaca. Tak hanya kaca bening, kaca untuk partisi kini juga bisa diberi warna yang bermacam-macam sehingga terlihat lebih menarik. Selain untuk menampilkan kesan modern dan elegan, ada beberapa manfaat lain yang dimiliki partisi kaca, yakni:

  1. Terlihat profesional karena hampir seluruh aktifitas di kantor bisa dilihat sehingga ini mencerminkan tingkat keseriusan dan kerapian karyawannya.
  2. Mendapat cahaya alami, dimana partisi kaca kantor membuat cahaya bebas masuk dan tak perlu menggunakan lampu secara berlebihan.
  3. Lebih efisien karena tak perlu membangun tembok permanen yang menghabiskan banyak ruang dan uang dan lebih ringan bagi konstruksi bangunan terutama untuk bangunan bertingkat.
  4. Mengurangi kebisingan karena ruangan menjadi lebih kedap suara. Ini bisa memberi privasi antar ruangan kerja.

Pilih Jenis yang Tepat

Memilih partisi kaca untuk kantor bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget karena jenis partisi kaca ada bermacam-macam. Ada partisi kaca tempered, partisi kaca non tempered, partisi kaca dan aluminium, dan partisi kaca frameless. Sebaiknya, dalam memasang partisi kaca selalu mengutamakan keselamatan dan pilihlah jenis kaca yang paling aman agar semua karyawan bisa bekerja dengan nyaman.

Jenis-Jenis Partisi Kaca Kantor Untuk Sekat

Berikut jenis-jenis partisi kaca kantor yang biasa digunakan untuk menyekat ruangan kantor:

1. Partisi kaca tempered. Jenis ini adalah yang paling aman karena jika terjadi kecelakaan, misal kaca pecah, maka pecahannya tidak akan melukai orang di sekitarnya. Ukuran paling tipis untuk kaca jenis ini adalah 8 mm dimana makin tebal, tentunya kaca akan semakin aman. Kaca ini tahan terhadap benturan beberapa kali lipat dibanding kaca biasa. Disarankan, untuk partisi kantor menggunakan ukuran 12 mm yang tidak mudah pecah dan bergetar jika terkena benturan.

 

2. Partisi kaca non tempered. Kaca ini adalah kaca biasa yang memang tingkat keamanannya saat pecah cukup berbahaya karena kepingannya bisa melukai. Namun jenis ini cukup banyak dipilih karena harganya cukup murah. Untuk partisi, pilihla kaca non tempered berukuran tebal agar lebih tahan pecah.

3. Partisi kaca dan aluminium. Karena memadukan antara kaca dan aluminium, partisi jenis ini harganya lebih murah. Rata-rata kaca yang digunakan berukuran 5mm saja dengan rangka aluminium selebar 90 cm x 210 cm.

4. Partisi kaca frameless. Jenis ini juga paling banyak digunakan karena membuat ruangan jadi terlihat lebih bersih dan elegan. Kaca ini dipasang tanpa menggunakan rangka dan hanya ditanam di lantai, tembok atau di dak beton. Karena tanpa rangka sebaiknya gunakan kaca jenis tempered agar lebih aman jika terjadi hal yang tak diinginkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *