Inspirasi Model Kanopi

5 Inspirasi Model Kanopi Untuk Maksimalkan Tampilan dan Fungsi Hunian

Cuaca panas yang terjadi pada pemukiman tropis sangatlah mengganggu. Ketika panas sedang terik masyarakat pun enggan untuk duduk dan menikmati suasana di halaman rumah. Cuaca panas semakin kentara apabila hidup di daerah perkotaan. Panas yang ditimbulkan oleh kendaraan dan matahari semakin menyiksa. Alhasil kegiatan dan aktifitas lebih sering dilakukan di dalam ruangan saja.

Kanopi menjadi solusi agar halaman rumah menjadi lebih teduh. Kanopi adalah sebuah rangka membentuk atap yang biasa diletakkan pada beranda rumah. Kanopi ini digunakan sebagai media untuk berteduh. Seiring perjalanan waktu kanopi kini mengalami banyak perkembangan. Baik dari segi jenis maupun modelnya. Berikut ini beberapa model kanopi yang dapat digunakan pada hunian rumah.

Kanopi Dari Besi

Rangka pada kanopi ini terbuat dari besi. Besi dipilih karena memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menyangga beban yang berat. Sayangnya besi memiliki berat yang relatif besar sehingga perlu tenaga ekstra pada saat pemasangan.

Kanopi Polikarbonat

Istilah polikarbonat mungkin terdengar asing bagi orang awam. Tetapi kanopi model ini ternyata sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kanopi yang satu ini biasanya memiliki kekhasan pada bentuknya. Bentuk yang melengkung mampu memberikan dinamis pada sebuah rumah. selain itu, rangka yang terbuat dari besi semakin memberikan efek kekuatan yang bagus. Permukaan kanopi biasanya transparan agar cahaya tetap dapat masuk.

Kanopi Baja Ringan

Kanopi Baja Ringan

Baja ringan adalah material bangunan yang kuat dan tidak memiliki berat yang besar. Baja ringan biasa digunakan sebagai bahan pembuatan kanopi. Harga dari baja ringan juga tidak sebesar besi. Sehingga kanopi model ini dapat menjadi alternative yang dapat digunakan.

Kanopi Kaca

Kanopi kaca merupakan wujud modernitas yang berkembang pada masyarakat. Kanopi kaca tempered adalah jenis kanopi yang sering digunakan. Kekuatan dan daya tahannya yang kuat menjadi alasan masyarakat tertarik menggunakan kanopi dari kaca. Kanopi yang terbuat dari kaca mampu memberikan kesan elegan dan bersih.

Kanopi Alami Tumbuhan

Melihat tumbuhan rimbun ditengah cuaca panas merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri. Terasa seperti menemukan air ditengah gurun pasir yang kering. Beberapa rumah minimalis diperkotaan ternyata juga menerapkan kanopi dari tumbuhan. Tumbuhan yang biasa digunakan adalah jenis tumbuhan rambat. Tumbuhan ini akan terus berkembang biak dan menutup rangka dari kanopi itu sendiri.

Baca juga: Yuk, Kenalan Lebih Dekat dengan Pasir Pasang

Menggunakan kanopi tumbuhan akan memberikan efek sejuk dan fresh bagi pemilik rumah. Rimbunan daun mampu menghalangi sinar matahari mengenai kulit secara langsung. Selain itu tumbuhan juga mengeluarkan zat hasil fotosintesis yang mampu menyejukkan daerah sekitar. Meskipun begitu, kanopi ini harus dirawat dengan telaten karena beberapa kali daun kering akan jatuh dan mengotori bagian bawah lantai.

Kanopi memiliki fungsi yang sangat baik sebagai tempat berteduh. Penggunaan kanopi dari berbagai bahan menjadikan keleluasaan dalam hal memilih. Kanopi kaca minimalis, kanopi dari besi, baja ringan dan lain sebagainya. Semuanya dapat dipilih dan disesuaikan dengan keinginan dari pemilik rumah.

Dengan adanya kanopi, kegiatan diluar rumah akan terasa lebih menyenangkan. Cuaca panas dan terik tidak lagi menjadi alasan untuk bermalas-malasan didalam rumah. Demikian ulasan singkat mengenai model-model kanopi yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jadi kanopi model seperti apa yang lebih menarik untuk diletakkan pada beranda rumah anda. Semuanya tergantung dari minat dan ketertarikan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *